Jadi Narsum Kegiatan Penguatan Kapasitas PKD, Anggota PPK Baebunta Luwu Utara Tekankan Ini

Jadi Narsum Kegiatan Penguatan Kapasitas PKD, Anggota PPK Baebunta Luwu Utara Tekankan Ini

LUWU UTARA,MBNEWS.CO.ID-Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwascam) Kecamatan Baebunta, Luwu Utara, menggelar kegiatan Penguatan Kapasitas Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Baebunta. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Akbar Sakti, Kordiv. Data dan Informasi PPK Baebunta, sebagai salah satu narasumber yang berlangsung di Aula Kantor BKKBN Kecamatan Baebunta.

Akbar Sakti menyampaikan materi terkait dinamika pemutakhiran data pemilih, mulai dari alur pemutakhiran hingga tantangan yang dihadapi. "Kita perlu pahami bahwa kita berada dalam kondisi masyarakat yang sangat dinamis, sehingga dinamika data pemilih di Kecamatan Baebunta tidak dapat terhindarkan," ujarnya Minggu (28/7/2024).

Ia juga menyoroti kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan terkait pindah domisili, perubahan status, dan kematian yang sering terbentur oleh prosedur yang panjang atau kurangnya pemahaman terhadap pelayanan Dukcapil.

 "Kondisi inilah yang selalu ditemukan Pantarlih di lapangan," tambahnya.

Untuk mengatasi tantangan ini, Akbar menekankan pentingnya koordinasi dan komunikasi yang baik antara PKD dan PPS di tingkat desa.

"Dengan demikian, setiap dinamika yang terjadi di lapangan dapat terselesaikan dengan baik. Karena semangat kita sama, yakni menyukseskan penyelenggaraan Pilkada di Wilayah Kecamatan Baebunta." tutupnya.(AS)