Opini : Implementasi Sederhana Meningkatkan Manajemen Talenta Pada Karyawan

Opini : Implementasi Sederhana Meningkatkan Manajemen Talenta Pada Karyawan
Sididi Saad Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Palopo

PALOPO,MBNEWS.CO.ID-Manajemen talenta terdiri dari berbagai proses, yakni perencanaan, perekrutan, penempatan, orientasi, pengembangan, penilaian, pengelolaan, dan pemberian kompesasi yang tepat terhadap semua karyawan yang dimiliki oleh perusahaan.

Sehingga tujuan dari implementasi Sederhana Meningkatkan Manajemen Talenta Pada Karyawan adalah mengembangkan keunggulan kompetitif (competitive advantage) melalui pemanfaatan potensi sekelompok karyawan untuk meraih kinerja yang optimal.

Selain dilakukan dari dalam organisasi management talenta juga bisa dimulai dari pencarian bakat calon karyawan (talent scouting).

Selain itu juga penting menyadari tentang talenta yang ada dalam diri salah satunya adalah jangan berhenti untuk melakukan latihan,hilangkan segala pemikiran negatif serta bersikap baik kepada diri sendiri maupun orang lain.

Terlepas dari itu pendekatan berbasis kompetensi juga penting diterapkan yaitu menata kinerja sumber daya manusia dengan Manajemen SDM berbasis kompetensi yang terkait dengan serangkaian keputusan untuk mengelola hubungan ketenagakerjaan mulai dari calon karyawan, karyawan sampai dengan pensiunan.

Peran pentingnya Sumber Daya Manusia dalam organisasi adalah bahwa segala potensi sumber daya yang dimiliki manusia yang dapat dimanfaatkan sebagai usaha untuk meraih keberhasilan dalam mencapai tujuan baik secara pribadi individu maupun di dalam organisasi.

Maka dari itu salah satu implementasi Sederhana Meningkatkan Manajemen Talenta Pada Karyawan adalah : 

Pertama, mengidentifikasi pegawai yang termasuk dalam talent pool. 

Talent Pool/Talent Management merupakan sebuah proses untuk mengidentifikasi para pegawai yang memiliki kapabilitas untuk menjadi Future Leaders. Proses identifikasi ini didasarkan pada dua elemen kunci, yakni aspek kompetensi dan aspek kinerja (performance).

Kedua adalah mengembangkan kelompok talenta dan kelompok yang lain.

Ketiga adalah mempertahankan talenta.Maksudnya adalah karyawan yang memiliki talent harus dipertahankan dengan memberikan motivasi pada pengembangan diri yang dapat dirasakan manfaatnya baik individu maupun orang lain.

Dari itu semua kita bisa menyimpulkan bahwa Implementasi dalam Meningkatkan Manajemen Talenta Pada Karyawan sangatlah sederhana. Hal inilah yang membuat talent management menjadi bagian yang sangat penting didalam perusahaan maupun sebuah organisasi.Sehingga dari kesederhanaan itu tidak ada lagi alasan sebuah perusahaan untuk tidak menerapkan talent manajemen.

Sehingga manajemen talenta dipandang sebagai implementasi strategi atau sistem yang terintegrasi, yang dirancang untuk meningkatkan kinerja melalui proses menarik dan menyeleksi, mengembangkan, me- manfaatkan serta mempertahankan pegawai yang memiliki keahlian dan bakat (talent) dalam rangka memenuhi kebutuhan sekarang dan yang akan datang.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Pella dan Inayati (2011:25) bahwa “Talent adalah faktor pembeda kinerja organisasi. Talent adalah manusia-manusia yang ingin dipelihara perusahaan karena kelebihannya.

Talent dapat juga diartikan karyawan yang diidentifikasi memiliki potensi menjadi pemimpin masa depan perusahaan.”.(HT)