Pokdarwis Desa Bantimurung Terbentuk, Kadisporapar Minta Bangun Kolaborasi dengan Masyarakat dan Pemerintah

Pokdarwis Desa Bantimurung Terbentuk, Kadisporapar Minta Bangun Kolaborasi dengan Masyarakat dan Pemerintah

LUWU UTARA,MBNEWS.CO.ID-Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Bantimurung Kabupaten Luwu Utara resmi terbentuk, Senin (15/1/2024) kemarin. Pembentukan Pokdarwis ini dilaksanakan di Kantor Desa Bantimurung, dan dihadiri Plt. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Abdul Hamid, serta Kepala Desa Bantimurung, Maslang.

Hadir pula Babinsa Desa Bantimurung Joko S. Wardi, Bhabinkamtibmas Desa Bantimurung Rahmat S., Kepala UPT Pengelola Objek Wisata Disporapar Lukman, serta perwakilan Bidang Pariwisata Disporapar Andi Tenri Abeng.  Dalam sambutannya, Abdul Hamid mengatakan bahwa Pokdarwis adalah mitra kerja pemerintah dan masyarakat.

“Pokdarwis ini adalah mitra kita, mitra desa dan masyarakat, bagaimana objek wisata yang ada di Bantimurung ini bisa kita kembangkan dan bangun bersama, agar kembali hidup seperti dulu lagi,” harapnya. Menurutnya, pembentukan Pokdarwis di Bantimurung adalah langkah baik, sekaligus awal yang baik memajukan objek wisata Bantimurung.

Pria yang akrab disapa Igho ini menyebutkan ada dua model pembentukan Pokdarwis yang selama ini dilakukan, yaitu Pokdarwis dibentuk atas inisiasi masyarakat, khususnya pemuda, dan Pokdarwis dibentuk atas inisiasi pemerintah daerah.

“Pokdarwis ini lahir atas kesadaran dan kepekaan kita terhadap pengembangan objek wisata,” terangnya.

Untuk itu, ia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas terlaksananya pembentukan Pokdarwis di desa Bantimurung. “Bicara Pokdarwis ada 7 poin yang menjadi dasar kita, salah satunya adalah Sapta Pesona, yaitu bersih, sehat, tertib dan kenangan.  Saya kira ini saja yang menjadi fokus kita ke depan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bantimurung, Maslang, mengungkapkan bahwa pembentukan Pokdarwis Desa Bantimurung adalah pertama kalinya dilakukan. Untuk itu, ia meminta pengurus dan anggota Pokdarwis yang terpilih agar betul-betul bekerja maksimal. “Pokdarwis ini jangan hanya sekadar nama saja, tetapi betul-betul harus dilaksanakan,” harapnya.  

“Ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk membangkitkan kembali objek wisata Permandian Air Terjun Bantimurung Bonebone. Jangan hanya sekadar nama saja, tetapi tidak ada action-nya di lapangan."tandasnya

Untuk diketahui, terpilih sebagai Ketua Pokdarwis Desa Bantimurung Kecamatan Bonebone tahun 2024 adalah Umarang. (LHr)