PontrenMu Balebo Beberkan Potensi Ekonomi Pesantren

PontrenMu Balebo Beberkan Potensi Ekonomi Pesantren

MASAMBA, MBNEWS.CO.ID - Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo membeberkan rencana potensi pengembangan ekonomi pesantren dalam sosiasasi program yang ada di Pesantren pada Rabu, (15/11/23) . 

Untung Sunardi, Direktur Pesantren megnatakan bahwa pengembangan ekonomi sekarang ini masih berbasis koperasi kedepannya mudah-mudahan bisa menjadi minimarket untuk melengkapi segala kebutuhan santri baik dari ujung rambut sampai ujung kaki.

"sekarang ini kami baru punya sarana koperasi sekarang ini kami punya keinginan untuk mendirikan minimarket yang bisa bisa  melengkapi semua kebutuhan santri yang ada di pondok kami," Ujarnya.

Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa semua potensi pengembangan ekonomi nantinya berbasis pondok dan akan dikelola oleh pondok.

"Insyaallah semua potensi ekonomi akan kami kelola yang semua berbasis pada Pondok, jadi semua akan dikelola Pondok,"Ungkapnya.

ini tentu bukan tanpa alasan pimpinan pondok untuk tetap optimis dalam pengembangan ekonomi pesantren karena telah dilakukan workshop mengenai pengembangan pesantren di kemah tahfidz enrekang 

"kami baru-baru ikut workshop pengelolaan ekonomi yang disampaikan oleh MBS Prambanan luar biasa di sana potensi ekonominya ternyata dari jumlah 400-an kalau ini sudah bisa dikelola dengan baik ternyata sudah bisa menghasilkan ekonomi yang sangat besar kalau sudah kebutuhan santri dari ujung kaki sampai ke ujung rambut ini," Lanjutnya.

Sosialisasi dan program ini dihadiri oleh orang tua santri, BRI, BPJS Ketenagakerjaan, Anggota DPR RI, DPRD Luwu Utara, Kepala Dinas, Kepala Desa, Tokoh masyarakat dan lainnya.