Sanggar Seni Bunga Masamba gelar Rapat Kordinasi Festival Budaya Marampe-rampe 2024

Sanggar Seni Bunga Masamba gelar Rapat Kordinasi Festival Budaya Marampe-rampe 2024

LUWU UTARA,MBNEWS.CO.ID-Komunitas Budaya Sanggar Seni Bunga Masamba menggelar rapat kordinasi terkait persiapan pelaksanaan kegiatan Festival Budaya Ma’rampe-Rampe tahun 2024.

Rakor tersebut berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Luwu Utara.

Muhammad Iqbal, ketua Sanggar Seni Bunga Masamba menggambarkan kondisi kebudayaan lokal saat ini dengan indikator Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK).

“IPK kita di Sulawesi Selatan saat ini adalah 50.74, di bawah IPK nasional pada angka 54.65, artinya kita memang tertinggal maka perlu upaya untuk mengejar, misalnya dengan menciptakan ruang-ruang interaksi budaya yang inlklusif, serta mewujudkan kegiatan-kegiatan kebudayaan yang memiliki nilai kreatifitas, inovasi, pewarisan nilai budaya, pelestarian kearifan lokal, keragaman budaya serta sikap toleransi antar budaya,"ujarnya Sabtu (9/3/2024)

"Tradisi pangan baik pertanian dan perkebunan telah menjadi ciri kehidupan masyarakat Luwu sejak dulu. Identifikasi serta pendalaman informasi dan pengetahuan terkait budaya agraris ini sudah kami lakukan setahun terakhir, dari sini kemudian lahir gagasan untuk merumuskannya sebagai konsep kegiatan,"tambahnya.

Festival Budaya Ma’rampe-Rampe tahun 2024 yang akan dilaksanakan tanggal 18 – 20 Mei 2024 di kawasan Bangunan Cagar Budaya Kantor Onderafdeling Masamba, akan mengusung tema besar kebudayaan agraris masyarakat Tana Luwu.

Selain itu,Ismi Nurazizah, selaku ketua bidang program Sanggar Seni Bunga Masamba juga menjelaskan bahwa Festival Budaya Ma’rampe-Rampe tahun 2024 merupakan usulan yang diajukan melalui platform Dana Indonesiana pada program pemanfaatan hasil kelola dana abadi kebudayaan tahun 2023, kategori pendayagunaan ruang publik tahun 2023. 

“Setelah melalui tahapan seleksi substansi dan administrasi yang berjalan tak kurang dari 3 bulan, kami bersyukur menjadi salah satu komunitas budaya yang terpilih, dan tentunya kami mengharapkan dukungan dari banyak pihak baik stakeholder juga semua masyarakat Luwu Utara,"ucapnya.

Pertemuan ini juga dihadiri perwakilan Lembaga Adat se-Kecamatan Masamba antara lain dari Katomakaka-an Masamba dan Katomakaka-an Kombong Pitu Masapi. Mewakili pemerintah Kabupaten Luwu Utara, turut hadir Sekcam Masamba,Mervis, Kepala UPT Pengelola Objek Wisata; Lukman,kasat Intelkam Polres Luwu Utara,Iptu Suardi, perwakilan dari Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Luwu Utara.(IQ)