The Power Of Baraqa

The Power Of Baraqa
The Power Of Baraqa

MBNEWS.CO.ID - Gagasan ini dilatar belakangi dengan pendidikan saat ini, gagasan ini muncul sebagai sintesis dari pendidikan yang menitikberatkan pada aspek ruh pendidikan yang ada saat ini. Tentu, gagasan ini tidak muncul dengan tiba-tiba tetapi dilakukan dengan pendalaman dan pemahaman tentang kondisi pendidikan yang ada saat ini. Gagasan ini muncul disebabkan oleh beberapa factor salah satunya adalah perenungan mengapa siswa atau santri yang telah diberikan pemahaman agama belum maksimal ada perubahan?. Untuk menjawab ini akan ada banyak jawaban-jawaban yang muncul, apakah dari pendidik itu, ataukah dari siswa atau santri atau system yang belum maksimal dalam hal ini kurikulum atau SOP yang berlaku dalam satuan pendidikan tersebut.

Untuk menjawab semua itu, tidak semudah membalikkan telapak tangan perlu penelitian yang lebih jauh dan penelesuran literatur-literatur yang ada. Konsep pendidikan yang ditawarkan pun perlu pendekatan apakah kualitatif atau melakukan pendekatan kuantitatif. Adapun pendekatan lain dalam system model penelitian adalah dengan melakukan penelitian Tindakan kelas.

Semua pendekatan tersebut tentu saja mempunyai masing-masing kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pendekatan tersebut. Tinggal dipilih pendekatan apa yang cocok atau tidaknya dilhat dari kondisi objek yang akan diteliti nantinya. Menurut hemat saya, pendekatan yang dilakukan adalah penggabungan dari ketiga metode pendekatan tersebut dan diramu dengan sedemikian rupa agar tercipta formulasi baru dalam menentukan akhirnya dari pendekatan tersebutr.

Gagasan  the power of baraqa pertama kali muncul saat ada orang tua santri yang mengirim video via grup yang bercerita tentang seorang murid yang selalu membantu gurunya ketika musim panen datang, selain belajar di kelas juga diberikan ilmu kehidupan oleh sang guru tersebut. Diyakini bahwa salah satu alasan dalam video tersebut diberikan keberkahan murid tersebut disebabkan selalu membantu gurunya tersebut. Maka disitulah muncul gagasan the power of baqara muncul bahwa keberkahan itu ada bagi setiap siswa atau santri karena kehendak Allah semata.

Selain itu, gagasan the power of baraqa ini ada adalah salah satu alasan terkuat yaitu keyakinan saya tentang ketauhidan, saya dan kita semua meyakini bahwa apa kita lakukan disebabkan kuasa Allah dengan saya dan kita semua telah berusaha dan  bertawakal terakhir adalah dengan saya dan kita semua berdoa kepada Allah swt. Sebab doa adalah senjata bagi orang-orang mukmin.

Biasanya disela-sela saya memberikan materi kepada santri saya selalu berpesan bahwa salah satu rahasia seorang guru atau Pembina adalah ada doa yang terselip bagi siswa atau santrinya. Maka kalian harus mendapatkan doa terbaik dari gurumu.

Tulisan ini sebenarnya sudah lama dibenak saya, namun baru kali ini ide ini saya tuangkan dalam bentuk tulisan. Terinspirasi dari Buya Hamka, tulisan ini muncul saat berada di dalam kamar mandi. Ini baru bagian synopsis dari the power of baraqa mudah-mudahan ini menjadi sebuah buku sebagai persembahan sumbangan pemikiran dan semoga gagasan ini  dapat mendengung dalam dunia pendidikan. Terakhir semoga tulisan ini menjadi awal titik keberkahan dari setiap langkah dan pijakan kaki ini tertuju kepada sang pencipta langit dan bumi.

By : Sandi ibnu Syam (Salah satu Pembina POntrenMu Balebo)